Tempat Wisata di Manado

Tempat Wisata di Manado – Dibandingkan dengan wisata di Indonesia lainnya, Manado memang sering luput menjadi list tujuan wisata. Padahal ibukota Sulawesi Utara ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik.

Bahkan seiring kemajuan infrastruktur, muncul berbagai tempat wisata di Manado terbaru dengan obyek keindahan yang memukau.

16 Rekomendasi Tempat Wisata di Manado Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Saat ini ada beberapa tempat wisata di Manado terbaru, yaitu:

1. Laut Pulau Tumbak 3 Jam dari Manado

Tempat Wisata Laut Pulau Tumbak 3 Jam dari Manado
triptrus.com

Taman Laut Tumbak merupakan tempat wisata pertama kota yang wajib untuk dikunjungi. Bagi pecinta keelokan bawah laut, tempat wisata di Minahasa Tenggara ini, akan sangat tepat untuk Anda.

Hal itu karena, untuk pemandangan bawah lautnya, taman laut tumbak memiliki 20 lebih titik penyelaman yang menarik untuk dieksplore. Diantaranya, Pintu Samudra, Napo Kipas, Bohaga Kecil, Bohaga Mangrove dan Taman Karang.

Untuk mengasah skill diving, taman laut yang berada tidak jauh dari kota Ratahan ini juga tepat karena memiliki suasana yang tenang.

Adapun untuk menikmati Taman Laut Tumbak, Anda harus membayar tiket masuk Rp100.000. Namun karena sewaktu-waktu bisa berubah, maka ada baiknya Anda mengkonfirmasi harga melalui call center sebelum berkunjung di sana.

2. Pulau Lembeh

Pulau Lembeh
instagram.com/yorimontolalu

Dari Taman Laut Tumbak, Pulau Lembeh bisa menjadi kunjungan menarik kedua. Tidak jauh berbeda dengan Taman Laut Tumbak, Pulau Lembeh merupakan tempat wisata yang menyajikan keindahan taman bawah lautnya.

Yang berbeda, Taman Laut Tumbak mempunyai lebih dari 20 titik penyelaman, sedangkan Pulau Lembeh sendiri memiliki titik penyelaman lebih banyak yaitu lebih dari 88 titik.

Mengenai tarif tiket masuk Pulau Lembeh sangat murah, yaitu sebesar Rp8.000 saja. Dan jika Anda berniat untuk melengkapi wisata dengan berkeliling ke tempat sekitar Manado, fasilitas perahu juga tersedia di sana dengan tarif Rp300.000.

3. Air Terjun Kima Atas

Air Terjun Kima Atas
travelbos.co.id

Tidak hanya kaya akan wisata bawah laut, Manado juga kaya akan wisata air terjun. Salah satu dari sekian banyak yaitu Air Terjun Kima Atas.

Dari pusat kota, alternatif wisata favorit ini, bisa Anda tempuh dengan jarak sekitar 15 km atau sekitar 20 menit. Untuk keindahan air terjun yang menawan, jarak tersebut tentu tidak akan ada artinya.

Apalagi setelah sampai di sana, air terjun akan menampakkan pesona indah dengan balutan pepohonan hijau yang membuat suasana semakin asri.

Yang menarik, wisata ini juga menyediakan tempat kuliner yang akan membuat wisata Anda semakin asik. Adapun untuk Tempat wisata di Manado 2019 yang tergolong hits tarif masuk Air Terjun Kima Atas tergolong murah, yaitu hanya Rp5.000 saja.

4. Danau Tonando

Danau Tondano
dolandolen.com

Barangkali sudah banyak yang tahu mengenai wisata danau terluas di Provinsi Sulawesi Utara ini. Danau yang memiliki luas 42,78 km kubik ini merupakan danau unik dengan pulau kecil di tengahnya.

Bagi Anda yang menginginkan wisata danau dengan suasana yang berbeda, tempat wisata ini adalah jawabannya. Hal itu karena, di sana Anda akan mendapatkan pemandangan danau indah yang berbeda.

Salah satunya pemandangan danau dengan beground tiga gunung yaitu gunung Kaweng, gunung Tamousu, dan juga gunung Masarang.

Adapun untuk berwisata di sana, dari Manado Anda bisa langsung naik angkutan umum menuju Terminal Karombasan, naik bus dengan tujuan Tonado, dan yang terakhir menyewa jasa ojek untuk menuju ke Danau Tonado.

Jika dihitung, jarak tempuh tersebut yaitu sekitar 90 menit. Sedangkan untuk biaya masuk wisata, Anda hanya dikenakan tarif Rp5.000 saja.

5. Pantai Lakban Ratatotok

Pantai Lakban Ratatotok
ksmtour.com

Bagi pecinta pantai, Manado juga menyajikan pantai indah yaitu Pantai Ratatotok. Pantai yang dulunya dikelola oleh PT Newmont ini merupakan pantai yang berada di Kecamatan Minahasa Tenggara.

Memiliki 24 titik penyelaman, tempat wisata ini, masih menjadi pantai favorit untuk menikmati keindahan trumbu karang dan juga biota laut.

Dari pusat kota, Pantai Ratatotok bisa Anda kunjungi dengan waktu tempuh sekitar 3 jam an. Sedangkan untuk harga tiket masuk tempat wisata di Minahasa ini, yaitu Rp5.000.

6. Festival Bunga Tomohon

Festival Bunga Tomohon
wisatamanado.info

Festival Bunga Tomohon merupakan wisata di Manado yang akhir-akhir ini menjadi hits bagi wisatawan. Seperti namanya, tempat wisata di Tomoho ini menyajikan taman bunga dengan beragam jenis.

Yang menarik, bunga-bunga tersebut disajikan dengan tatanan yang rapi dan juga cantik. Sehingga selain bisa menikmati pemandangan, Festival Bunga Tomohon juga cocok menjadi spot foto yang instagramable.

Namun berbeda dengan wisata sebelumnya, Festival Bunga Tomoho memiliki waktu khusus untuk mengunjunginya. Hal itu karena, keindahan taman bunga akan bisa Anda nikmati secara sempurna pada bulan-bulan tertentu.

Salah satunya pada bulan Juni hingga Agustus. Dimana pada bulan tersebut, kuncup bunga akan bermekaran, sekaligus menjadi ajang parade dan festival bunga berbagai negara.

7. Arung Jeram Timbukar

Arung Jeram Timbukar
manadobaswara.com

Untuk wisata adrenalin, Arung jeram Timbukar bisa menjadi tempat wisata baru yang menantang.

Hal itu karena, berbeda dengan arung jeram lainnya, jeram di Desa Timbukar ini memiliki panjang jeram 9 kilometer, dengan jarak tempuh sekitar 2 jam untuk mencapai finish.

Jika tertarik untuk mengunjunginya, dari kota Manado, Arung Jeram Timbukar bisa ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam saja.

Dan untuk pengalaman arung jeram yang berbeda, Anda hanya dikenakan tarif Rp180.000.

8. Bukit Kasih, 65 Menit dari Manado

Tempat Wisata Bukit Kasih, 65 Menit dari Manado
celotehlaila.wordpress.com

Sebagai tempat wisata alternatif kota Manado, Bukit kasih sangat recommended dikunjungi, khususnya untuk wisata keluarga.

Tempat piknik yang terletak di Desa Kaonang ini menyajikan lima jenis tempat peribadatan umat beragama di Indonesia.

Salah satu sajian inilah yang menjadikan Bukit kasih cocok sebagai wisata keluarga. Terlebih bagi Anda yang ingin mengajarkan mengenai beragam agama untuk anak.

Salah satunya melalui sebuah monumen 22 meter yang dikenal sebagai Tugu Toleransi.

9. Waruga Sawangan

Waruga Sawangan
Flickr/Eko Septiono Diharjo

Selain kaya akan pantai, gunung, dan juga air terjun, Manado juga menyajikan wisata unik melalui salah satu kota di sana, yaitu Waruga Sawangan.

Waruga Sawangan merupakan salah satu desa di Manado yang memiliki keunikan berupa beragam adat tradisional di sana. Adat istiadat ini tentu merupakan sesuatu yang menarik untuk diketahui.

Salah satu yang cukup terkenal yaitu tradisi pemakaman tradisional pada sebuah tempat khusus yang disebut dengan “Waruga”. Waruga sendiri merupakan sebuah wadah yang terbuat dari batu alam utuh yang kemudian dipahat menjadi berongga.

Nah, pada rongga itulah, nantinya mayat orang yang meninggal akan ditempatkan di sana. Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui mengenai tradisi unik ini lebih lanjut, Waruga sawangan bisa Anda tempuh sekitar 45 menit perjalanan dengan harga tiket terjangkau yaitu Rp3.000 saja.

10. Pulau Siladen

Pulau Siladen
panduanwisata.id

Pulau siladen berdekatan dengan pulau Bunaken yang selama ini menjadi tujuan utama wisatawan ke kota Manado. Jarak yang dekat dengan kota Manado dan pulau Bunaken, Siladen bisa menjadi tujuan yang pas untuk Anda yang tertarik dengan wisata pantai ataupun laut.

Baca juga: Bahasa Manado Sehari-Hari

Hamparan pasir putih yang bersih akan memanjakan mata Anda saat sedang berada di pulau Siladen. Selain hamparan pasir putih, di Siladen juga terdapat spot penyelaman, yaitu Siladen 1 dan Siladen 2. Satu lagi kelebihan dari pulau Siladen yaitu jarak tempuhnya yang tidak terlalu jauh dari Manado, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit.

11. Arung Jeram Sawangan

Arung Jeram Sawangan
lihat.co.id

Jika Anda menyukai olah raga ekstrem, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba berkunjung ke wisata arung jeram Sawangan.

Arus sungai yang deras akan sangat cocok bagi Anda yang senang dengan tantangan. Selain itu, sepanjang rute 9 km yang akan Anda tempuh, terdapat berbagai jenis pohon yang akan Anda lihat.

Ini akan semakin menambah keseruan Anda saat melakukan arung jeram. Yang paling menarik lagi, jika beruntung maka akan melihat monyet yang bergelantungan di atas pohon.

12. Pantai Malalayang

Tempat Wisata Pantai Malalayang di Manado
limakaki.com

Jika Anda tidak mempunyai waktu yang banyak atau hanya tertarik untuk mengunjungi tempat wisata yang ada di kota Manado, maka pantai Malalayang bisa menjadi tujuan yang cocok untuk Anda.

Di sini Anda bisa berenang dan menikmati pemandangan hamparan laut yang luas serta pulau Manado Tua yang indah.

Khusus bagi Anda yang tidak ingin berenang, Anda bisa duduk santai sambil makan makanan asli Manado di warung atau tempat jual yang berjejeran di tepi pantai.

Jika berkunjung ke sini ada baiknya Anda pergi di waktu sore agar bisa menikmati pemandangan sunset yang menakjubkan.

13. Tandurusa

Tandurusa
adhikurniawan.com

Tandurusa adalah tempat wisata yang di dalamnya terdapat berbagai hewan endemik Sulawesi utara. Anda akan melihat berbagai hewan yang tidak Anda temukan di temat lainnya.

Salah satu yang bisa Anda lihat saat berkunjung ke sini adalah Tarsius, hewan endemik pulau Sulawesi. Tempat wisata ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin mengetahui hewan-hewan asli Sulawesi dan hewan lainnya.

Anda bisa membawa keluarga Anda agar bisa mengenal hewan-hewan yang mungkin belum pernah dilihat.

14. Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara

Tempat Wisata Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara di Manado
wadaya.rey1024.com

Saat berkunjung ke tempat ini, Anda akan melihat lebih dekat tentang budaya serta sejarah suku Minahasa.

Terdapat berbagai jenis barang asli Sulawesi Utara yang ada di sini seperti, pakaian adat, miniature rumah adat, peralatan rumah tangga, alat menangkap ikan dan barang-barang peninggalan pahlawan daerah.

Total koleksi barang yang ada di sini ada 2810 barang. Museum ini beralamat di jl. WR. Supratman, buka setiap hari senin sampai jumat.

15. Wisata Kuliner di Kawasan Boulevard Manado

Tempat Wisata Kuliner di Kawasan Boulevard Manado
flickr.com/photos/sempur

Kawasan boulevard berada ditengah kota Manado, tepatnya ada di bagian daerah perbelanjaan, sepanjang jalan pinggir pantai atau yang dikenal dengan sebutan kawasan.

Terdapat berbagai jenis restoran dan rumah makan yang ada di sini, dari menu lokal sampai menu yang internasional.

Selain itu lokasi yang strategis berada dekat dengan mall dan tempat perbelanjaan lainnya membuat Kawasan menjadi salah satu tujuan para wisatawan saat berkunjung ke kota Manado.

16. Manado Tua

Tempat Wisata Laut di Manado Tua
rozzmode.blogspot.com

Pulau Manado Tua, berada tepat di depan kota Manado. Pulau yang berdekatan dengan pulau Bunaken ini tidak kalah menariknya dalam hal wisata bawah lautnya.

Berbagai pemandangan bawah laut yang luar biasa juga dapat Anda dapatkan di sini. Jarak tempuh ke Manado Tua yaitu sekitar 10 mil dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Itulah 16 tempat wisata di Manado terbaru yang direkomendasikan sebagai tempat berlibur Anda bersama teman ataupun keluarga.

Dari semua rekomendasi tempat wisata tersebut, Anda bisa memilih tempat wisata yang paling sesuai untuk dikunjungi.

Bagimana apa Anda telah menemukan tempat wisata yang tepat setelah membacanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here