Perbedaan Menabung dan Investasi

Banyak yang bertanya mengenai perbedaan antara menabung dan investasi.

Kedua kata ini seringkali bermunculan di mulut masyarakat. Investasi dan menabung keduanya sangat baik dijalankan untuk kebutuhan masa depan.

Masing-masing juga memiliki kelebihan dan juga kekurangan tersendiri. Semua orang bisa memilih untuk menjalankan yang mana sesuai keinginan mereka masing-masing.

Investasi merupakan suatu kegiatan menyimpan uang untuk keperluan jangka panjang supaya mendapatkan keuntungan yang lebih.

Dengan melakukan investasi, uang yang kalian simpan nantinya akan bertambah apabila berhasil dijalankan.

Semua investasi yang kalian berikan nantinya akan dikelola oleh pemilik perusahaan. Apabila berhasil, keuntungan yang besar pastinya akan kalian dapatkan.

Sementara menabung merupakan kegiatan menyimpan uang dalam keadaan utuh.

Berapapun uang yang kalian simpan, uang milik kalian tidak akan bertambah sesuai dengan jumlah uang yang disimpan.

Bahkan bisa saja uang yang disimpan berkurang apabila kalian menyimpannya di dalam bank. Akan tetapi, menabung di bank tidak memiliki resiko kehilangan uang karena memiliki penjagaan yang ketat.

Melihat itu, menabung dan investasi memiliki perbedaan yang begitu menonjol namun sama-sama berhubugan dengan uang.

Perbedaan Menabung dan Investasi

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara menabung dan investasi yang harus kamu tahu!

Berdasarkan Fungsinya

Perbedaan menabung dan investasi yang pertama adalah berdasarkan fungsinya. Menabung bakal digunakan dalam jangka waktu pendek.

Dimana kalian bisa mengambilnya sewaktu-waktu apabila ada keperluan mendadak yang mengharuskan kamu mengambil tabungan tersebut. Sehingga uang yang disimpan tidak akan terkumpul dalam waktu yang lama.

Sementara berinvestasi akan membuat uang kalian semakin bertambah. Kalian akan menanamkan modal sesuai dengan keinginan kalian.

Penanaman modal di sini nantinya akan dikelolah oleh para pemegang investasi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih dari modal yang ditanamkan. Keuntungan bakal diraih dalam waktu jangka panjang.

Bentuk dan Jenis Produk

Seperti yang kita ketahui, menabung dilakukan dengan menggunakan uang saja. Kalian akan mengumpulkan uang ke dalam tabungan sesuai dengan keinginan masing-masing.

Kalian bisa menyimpannya di dalam bank atau melalui celengan sendiri untuk menyimpan uang yang kalian miliki. Biasanya orang yang menabung akan mensetorkan uang setiap sebualan sekali dengan nominal yang telah ditentukan.

Sementara investasi bukan hanya dalam bentuk uang saja. Investasi ada beragam jenisnya seperti investasi tanah, emas, reksadana dan lain-lain.

Seperti halnya investasi emas, maka kalian harus memiliki emas untuk diinvestasikan supaya mendapatkan keuntungan yang lebih kedepannya.

Investasi seperti ini memerlukan waktu yang lama. Tidak hanya mengandalkan uang saja, investasi juga dapat dilakukan dengan menggunakan material apapun yang bernilai.

Resiko dan Bunga

Berbicara soal resiko yang bakal didapatkan antara menabung dan berinvestasi akan lebih beresiko untuk orang yang melakukan investasi.

Mengapa bisa begitu? Menabung tidak akan membuat uang kalian hilang apabila disimpan di tempat yang aman. Salah satu tempat yang aman untuk menabung yaitu di dalam bank.

Sudah pasti keamanan di dalam bank sangat terjamin dibandingkan dengan tempat lainnya.

Sementara investasi beresiko lebih besar dibandingkan menabung karena modal yang ditanamkan akan dikelolah. Apapun bisa terjadi dalam proses pengelolaan uang yang diinvestasikan.

Apabila berhasil kalian akan mendapatkan keuntungan yang besar, dan apabila gagal semua modal yang ditanamkan akan hilang semuanya. Sebab itulah mengapa investasi memiliki resiko lebih besar dibandingkan menabung.

Kemudahan Akses Penyimpanan

Menabung akan memudahkan kalian untuk mengambil uang ataupun menyimpan uang kembali. Hal ini dikarenakan tabungan kalian bisa diambil di manapun anda berada melalui ATM.

Ketika kalian sedang membutuhkannya, kalian bisa mengambil uang yang ditabung sesuai keinginan kalian. Tidak ada kendala apapun yang menghalangi kalian dalam menabung.

Sementara untuk investasi berbeda dengan menabung, kalian tidak bisa mengambilnya secara langsung. Hal ini dikarenakan uang anda diinvestasikan, sehingga sedang dalam proses pengelolaan.

Kalian akan bisa mengambilnya apabila sudah selesai. Uang yang didapat tergantung dari bagaimana pihak investasi yang mengelolanya.

Berdasarkan Kelemahan

Dilihat dari sisi kelemahan, keduanya memiliki perbedaan. Ketika kalian menabung, uang yang anda simpan tidak akan tumbuh dan berkembang.

Bahkan akan mengalami pengurangan untuk membayar biaya bunga jika kalian menyimpannya di dalam bank. Uang anda akan tetap utuh dengan nominal segitu-gitu aja tanpa mengalami perkembangan.

Sementara kelemahan investasi sendiri yaitu sangat besar apabila pengelola investasi gagal menjalankan tugasnya. Uang yang kalian tanamkan bisa saja hangus semuanya apabila gagal.

Jika kalian tidak jeli dalam melihat situasi pasar, bisa-bisa uang yang anda investasikan akan terkuras tanpa adanya peningkatan. Hal ini tentu beresiko besar jika kalian memilih untuk melakukan investasi.

Berdasarkan Kelebihan

Dari sisi kelebihan keduanya sama-sama menguntungkan dan tergantung dari diri kalian sendiri yang melakukannya.

Dalam menabung, keuntungan yang didapat adalah menjadi tidak boros dalam melakukan pengeluaran sehari-harinya. Sehingga uang anda akan tetap aman dan bisa digunakan untuk keperluan masa depan.

Sementara investasi akan memberikan keuntungan yang sangat besar dari apa yang kalian tanamkan. Kelebihan yang bisa didapatkan bisa mencapai 5 kali lipat dari modal yang ditanamkan.

Yang terpenting kalian memiliki kecrdasan dalam mengelola uang untuk diinvestasikan. Kalian harus bisa melihat peluang di waktu manakah yang tepat untuk menanamkan modal. Dengan begitu, tentu keuntungan yang lebih akan kalian dapatkan.

Itulah beberapa perbedaan mengenai investasi dan menabung. Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here