Peluang Usaha untuk Mahasiswa

Berbicara mengenai peluang usaha atau bisnis untuk mahasiswa, jumlahnya sangatlah banyak, tergantung dari kita apakah memiliki keinginan untuk memulai usaha atau belum siap karena takut untuk memulainya.

Menjadi seorang mahasiswa memang banyak sekali tuntutannya mulai dari tugas dosen yang menumpuk hingga beberapa kebutuhan finansial untuk kehidupan sehari-hari di kos atau kontrakan.

Benar adanya jika disetiap akhir bulan selalu menjadi momok menakutkan untuk para mahasiswa, karena uang saku yang mulai menipis dan kiriman dari orang tua yang terlembat.

Semestinya Anda mulai berpikir untuk mencari peluang penghasilan yang benar-benar bisa mencukupi kebutuhan Anda sehari-hari.

Ada banyak peluang ide kreatif yang bisa Anda coba dengan modal kecil dan kami akan berikan beberapa rangkumannya di bawah ini.

Peluang bisnis yang kami bagikan ini berdasarkan dari pengalaman dari teman-teman mahasiswa yang dulu pernah menjalani bisnis ini dan sampai sekarang masih banyak yang menerapkannya.

Penasaran dengan peluang bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan? Coba simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Peluang Usaha untuk Mahasiswa yang menjanjikan

Beberapa rangkuman bisnis di bawah ini berdasarkan dari pengalaman dari banyak teman mahasiswa dan beberapa orang yang pernah menjalankannya.

Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak, asalkan Anda memiliki tekad dan kemauan yang kuat. Kami yakin, bisnis ini bisa sukses di masa depan nantinya.

1. Bisnis online shop yang menjanjikan

Bisnis Online Shop untuk Mahasiswa

Salah satu peluang bisnis yang menurut kami cukup menjanjikan jika dijalankan hari ini adalah bisnis online shop, mengingat di Indonesia sendiri sudah era digital 4.0 yang mana banyak sekali pelaku bisnis online shop yang menargetkan pasar mereka di internet.

Masyarakat di Indonesia memiliki kebiasaan belanja secara online, bahkan beberapa dari mereka memiliki alasan bahwa dengan belanja online jauh lebih simple dan cepat.

Ini menjadi bukti kuat kalau bisnis online shop yang Anda jalankan sebagai seorang mahasiswa benar-benar bisa membuahkan hasil di masa mendatang.

Adapun jenis produk dan layanan bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan diri Anda sendiri. Berikut adalah rincian persiapan dalam membuka bisnis online shop.

#Media atau Sarana untuk berjualan

  • Akun website resmi, jika Anda bisa membuatnya, maka beruntung karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk memesan jasa pembuatan website online shop. Namun, ini adalah alternatif kalau memang Anda tidak memiliki akun instagram.
  • Akun Instagram bisnis, media yang bisa Anda pakai untuk menjalankan bisnis ini bisa memakai sosial media seperti instagram dan facebook. Di sana terdapat dua pilihan akun yaitu personal dan bisnis, maka pilihlah bisnis kalau memang ingin membuat akun bisnis. Kelebihan dari instagram, Anda bisa mempromosikan produk/layanan jasa dengan instagram ads.
  • Jenis produk/Layanan, kemudian yang ketiga adalah jenis produk dan layanan yang Anda jual. Produk itu ada pilihannya seperti fisik dan digital. Sedangkan untuk layanan itu “Jasa“, bisa sesuai dengan skill yang Anda miliki.
  • Laptop dan Smartphone, Alat berikutnya yang tidak kalah penting adalah laptop dan smartphone untuk sarana komunikasi dan memproses orderan dari pelanggan Anda.
  • Internet, sarana untuk pengembangan bisnis yang terakhir adalah internet yang mana dibutuhkan untuk mendukung jalannya bisnis Anda di internet.

#Total Biaya Bisnis Online Shop

  • Laptop dan Smartphone (Gratis kalau memang Anda memilikinya sendiri).
  • Website (Rp. 450.000 / Sudah langganan 1 tahun).
  • Instagram (Gratis – Promosi Rp. 200.000).
  • Internet (Gratis kalau pakai wifi – Rp. 100.000 / Bulan).
  • Total: Rp. 750.000 + Beserta produk / layanan yang Anda jual

2. Jualan pulsa, paket data dan voucher games online

Peluang usaha berikutnya yang cocok dan menjanjikan untuk Mahasiswa adalah jualan pulsa, paket data dan voucher games. Sebenarnya ini sudah cukup umum dan banyak dilakukan oleh mahasiswa.

Hanya saja, beberapa dari mereka memang kurang memahami hal ini dengan baik.

Mereka yang paham dengan namanya digital payment, tentu akan memanfaatkan aplikasi tersebut untuk berbisinis karena cukup menguntungkan.

Adapun tata cara memulai bisnis jualan pulsa online dan paket data, bisa Anda lihat dibawah ini.

#Media atau Sarana Berjualan

  • Smartphone android (Milik pribadi).
  • Aplikasi digital payment (Kami sarankan untuk memilih PayFazz, Ayopop, LinkAja dan Aplikasi DANA, karena harga voucher di sana lebih murah dibandingkan dengan aplikasi digital payment lainnya).
  • Pastikan Anda sudah bergabung dengan aplikasi digital diatas.
  • Kartu ATM (ini penting untuk top up dan penarikan dana dari aplikasi digital payment nantinya).
  • Promosi (Selanjutnya Anda bisa melakukan promosi).

#Biaya membuka bisnis jualan pulsa, paket data dan voucher games

  • Top Up aplikasi = Rp. 500.000
  • Kuota Internet = Rp. 100.000
  • Promosi = Rp. 40.000
  • Total = Rp. 640.000

3. Menjadi seorang Freelancer atau pekerja lepas

Menjadi Seorang Freelancer

Cara ketiga untuk membuka bisnis bagi seorang mahasiswa yang sangat banyak peluangnya.

Salah satu cara terbaik kalau memang Anda tidak mau terikat kontrak. Maka jadilah pekerja lepas yang bergabung di beberapa situs freelancer yang ada di Indonesia seperti sribulancer dan Fastwork.

Di sana Anda bisa melamar untuk menjadi seorang freelancer dan mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh banyak orang yang membutuhkan jasa seperti tulisan, desain, SEO, grafis dan masih banyak lagi yang lainnya.

Keuntungan menjadi seorang freelancer di internet, tidak menyita banyak waktu Anda, asalkan sudah disesuaikan dengan dateline orderan yang ada.

Bagaimana cara memulainya? Yuk simak di bawah ini caranya.

#Memulai menjadi seorang freelancer

  • Langkah pertama silahkan kunjungi situs Sribulancer.com.
  • Daftar menjadi anggota disana, Anda bisa memiliki “ Pemberi kerja “ atau “ Pencari kerja “, karena disini Anda ingin bekerja maka pilih pencari kerja.
  • Lengkapi profil Anda selengkap mungkin dan pasar foto profil asli Anda.
  • Pilih skill Anda yang ada di dalamnya.
  • Setiap pekerjaan baru yang masih ada hubungannya dengan skill Anda bisa terlihat langsung di menu Job.
  • Pilih job dan lakukan tawaran harga dengan memberikan portofolio Anda ke para pemberi pekerja.
  • Jika beruntung terpilih, Anda akan memulai bekerja dan hasilnya langsung di kirim via sribulancer.
  • Jika pemberi kerja merasa puas dengan hasilnya, Anda akan menerima bayaran sesuai dengan kesepatakan diawal.
  • Selesai. Sudah banyak mahasiswa sukses yang menjadi seorang freelancer di sribulancer.com.

4. Bisnis jualan makanan ringan atau makanan kecil

Bisnis satu ini terbilang cukup populer di kalangan para mahasiswa, yang mana mereka selalu memiliki ide untuk jualan jenis makanan ringan atau makanan kecil dengan harga yang murah meriah.

Mengingat uang saku mahasiswa itu cukup sedikit untuk per bulannya, maka tidak mengherankan kalau jualan makanan dengan harga murah akan laku laris.

Hanya saja, tidak semua mahasiswa bisa langsung memulainya, mereka bingung mengenai jenis makanan ringan yang disukai mahasiswa di kampus mereka.

Nah, biar bisnis ini berhasil, cobalah simak tata cara bisnis jualan makanan di bawah ini.

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan survey dulu di area kampus Anda. Pastikan Anda tahu jenis makanan yang disukai, kebiasaan para mahasiswa dan harga beli mahasiswa terhadap makanan di kantin atau kampus.
  • Jika sudah, sekarang Anda bisa memikirkan jenis makanan apa yang cocok untuk mahasiswa. Biasanya mahasiswa lebih suka dengan makanan yang tidak terlalu besar tetapi mengeyangkan. Contoh kalau di kampus kami dulu ada mahasiswa yang jualan tahu bakso, lemper dan roti tawar bakar. Siapa tahu ketiga jenis makanan ini cukup laris juga di kampus Anda.
  • Kalau Anda sudah mantap untuk memikirkan hal tersebut, langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah mulai mebuat beberapa makanan ringan tersebut dengan porsi yang sedikit dulu, untuk mencoba apakah minat beli mahasiswa di kampus Anda cukup tinggi atau tidak.
  • Anda juga bisa membuka Open order lewat Group ataupun komunitas di kampus dengan memberikan bonus Free ongkir kalau memang area Anda dekat dengan kampus.
  • Selesai.

5. Membuka usaha pengetikan dan print

Usaha Pengetikan dan Print

Bisnis berikutnya yang bisa Anda lakukan sebagai seorang mahasiswa adalah membuka bisnis pengetikan yang mana ini cakupannya cukup luas.

Beberapa diantara mahasiswa terkadang tidak memiliki waktu banyak seperti mengerjakan tugas novel, cerpen, laporan, skripsi dan lain sebagainya.

Nah, ini adalah kesempatan Anda untuk membuka bisnis pengetikan dengan beberapa teman agar pekerjaan lekas selesai.

Bisnis tidak banyak membutuhkan modal, Anda hanya bermodalkan laptop sendiri dan printer aktif yang siap untuk mengeprint hasil kerja Anda.

Cara mempromosikan jasa Anda juga terbilang mudah, Anda bisa membuat sebuah brosur yang nantinya disebarkan ke beberapa kelas atau pada saat mahasiswa pulang, Anda menunggu di depan parkiran kampus.

Cara ini cukup praktis untuk mendapatkan tambahan uang jajan.

6. Membuka bisnis bimbingan belajar

Peluang usaha untuk mahasiswa lainnya yang bisa Anda lakukan adalah membuka bisnis bimbingan belajar yang dapat menghasilkan banyak uang.

Bimbingan belajar biasanya dikhususnya untuk anak SMP dan SMA. Bagaimana cara membuka bisnis ini? Yuk ikuti tutorialnya di bawah ini.

Perlu diketahui, cara paling mudah agar bisnis ini dikenal oleh kalangan siswa SMP dan SMA, Anda bisa datang ke sekolahan dan meminta izin kepada kepala sekolah untuk mempromosikan bisnis Anda.

  • Tahap pertama, kenali dulu jenis bidang studi Anda selama kuliah. Contoh kalau Anda kuliah di bidang pendidikan. Maka target Anda adalah siswa-siswa SD, SMP dan SMA.
  • Silahkan datang ke sekolah dan lakukan promosi di setiap kelas untuk menjaring banyak calon murid Anda.
  • Berikan harga les bimbingan Anda kepada mereka dengan brosur, contoh kalau di kota per 2 jam itu sekitar Rp. 50.000.
  • Carilah lokasi bimbingan ini yang luas dan tidak banyak gangguan seperti gedung atau kontrakan Anda.
  • Pastikan setiap murid mendapatkan ilmu tambahan setiap kali bimbingan dengan Anda.

Nah itulah beberapa jenis bisnis yang menurut kami sangat cocok untuk dijalankan para mahasiswa, tidak perlu membutuhkan banyak modal namun keuntungan yang didapatkan juga lumayan.

Kalau Anda menekuni beberapa bisnsi yang ada diatas, kami yakin kedepannya tidak membutuhkan uang saku dari orang tua lagi, itung-itung Anda sudah bisa membantu mereka.

Bisnis di atas hanya bisa berjalan dengan sukses kalau Anda mau mencoba dan menekuninya dengan baik.

Sampai disini dulu artikel dari kami, semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba dan Terimakasih.

2 COMMENTS

  1. Bisnia online shop memang menjanjikan. Banyak temenku yang jadi reseller di instagram. Pengen juga sih, cuman ya gitu masih belom berani melangkah maju ea hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here