Cara Perpanjang SIM

Menjadi warga negara yang taat dengan peraturan lalu lintas sudah mestinnya memiliki SIM yaitu Surat Izin Mengemudi, setiap orang yang memiliki SIM artinya sudah lolos uji kendaraan baik kendaraan roda 4 ataupun roda 2.

Sebagaimana yang tertera pada undang-undang, bahwa setiap warga negara yang sudah berumur 17 tahun wajib memiliki SIM sebagai bukti sudah layak untuk menggunakan kendaraan di jalan raya baik mobil dan motor.

Jadi kalau yang masih belum memiliki SIM harus taat peraturan agar tidak membawa kendaraan roda dua ataupun roda empat maskipun sudah bisa membawanya.

Cara Mengurus Perpanjang SIM Hidup dan SIM Yang Sudah Mati Berbulan-bulan

Nah pada artikel kali ini kami akan berbagi informasi menarik kepada anda semua, meski secara umum sudah banyak di internet tetapi alangkah baiknya kami informasikan secara lengkap tentang cara melakukan perpanjangan sim baik yang masih hidup atau sudah lama mati.

SIM sendiri memiliki fungsi penting sebagai bentuk legitimasi kompetensi atau alat ujian mengemudi yang sudah pernah anda lakukan di SAMSAT. Jika anda yang sudah berumur 17 tahun ke atas tetapi memiliki SIM mati, maka sama saja anda masih melanggar peraturan lalu lintas.

Memperpanjang SIM itu wajib hukumnya untuk anda yang taat dengan peraturan lalu lintas di Indonesia, bahkan di luar negeri sekalipun sudah banyak yang menerapkan sistem seperti ini.

Tidak membawa SIM saat berkendara atau belum memiliki SIM sama sekali akan membuat anda mendapatkan sanksi berat jika ada operasi di jalan raya.

Seperti contohnya operasi Zebra yang belakangan ini seringkali di lakukan oleh pihak kepolisian demi menertibkan warga agar taat dalam berkendara dan melengkapi surat-surat penting kendaraan bermotor mereka.

Bilamana anda sudah di tilang, maka prosesnya bisa panjang dan tidak bisa hanya dengan menyuap polisi dengan sejumlah uang tertentu, butuh waktu dan tenaga agar proses tilang bisa diselesaikan.

Nah agar anda tidak terkena tilang, jika SIM sudah mati maka segeralah untuk memperpanjangnya, paling tidak 1 minggu sebelum masa berlaku habis.

Karena kalau anda lupa dengan masa aktif SIM yang sudah mati maka harus buat baru lagi. Contoh SIM anda mati di hari rabu dan saat ini adalah hari senin, anda lupa untuk memperpanjang di hari senin – rabu, maka hari kamisnya SIM sudah tidak berlaku dan harus buat yang baru lagi.

Merepotkan bukan ? Maka dari itu, ayo baca artikel ini hingga selesai bagi anda yang ingin tahu seperti apa cara memperpanjang sim yang masih berlaku dan sim yang sudah mati berminggu-minggu.

Pengalaman Cara Perpanjang SIM Yang Sudah Mati 1 – 3 Bulan

Berdasarkan dari pengalaman kami yang pernah mengalami SIM mati akibat kesulitan untuk akses perpanjang di Samsat terdekat, kita di haruskan untuk membawa beberapa pesyaratan lengkap mulai dari dokumen seperti fotocopy KTP, Pas Foto, Keterangan Kesehatan dam Kartu SIM yang sudah tidak berlaku. Pengalaman kami seperti ini.

1. Pada saat itu kami mendatangi Samsat di daerah perkotaan dengan membawa beberapa dokumen yang sudah kami sebutkan diatas, alhasil menurut petugas bagian layanan publik menyatakan data pada sim sudah tidak ada dan diwajibkan untuk membuat baru. Petugas pembuatan SIM mengatakan jika masa aktif sim telat 1 hari saja maka harus buat baru lagi, yang berarti saya harus membuat sim baru dengan uji kendaraan di Samsat tersebut.

2. Kami memutuskan untuk pulang sebentar dan berpikir kembali untuk mengajukan pergantian SIM ini tapi tidak lewat samsat, dan solusinya ketemu yaitu melalui sim keliling ( mobil ) yang biasanya berhenti di dekat pasar untuk melayani masyarakat yang jauh dari Samsat.

3. Kami memutuskan untuk mengganti sim yang sudah mati sekitar 1 bulan ini lewat sim keliling, ternyata prosesnya jauh berbeda dengan apa yang kami alami di kantor Samsat. Di SIM keliling ini kami disuruh masuk ke dalam mobil, kemudian disuruh untuk memberikan fotocopy KTP saja dan SIM Fisik yang sudah mati. Petugas kemudian membuatkan SIM baru dan sedikit menjelaskan atau menasehati agar tidak terulang kembali.

4. Hanya dalam waktu 3 menit (tidak ada antiran), sim baru sudah jadi dengan desain yang fresh, biaya untuk pergantian sim ini adalah Rp. 400.000 atau kurang lebihnya hampir sama dengan harga membuat sim baru di Samsat yaitu Rp. 480.000. Atau mungkin setiap Samsat selalu berbeda-beda, saya kurang tahu pasti.

5. Intinya berdasarkan dari pengalaman kami yang pernah memiliki SIM mati dalam satu bulan ini, kalau datang langsung ke SAMSAT anda harus buat baru, tetapi ketika datang di SIM Mobil keliling prosesnya bisa mudah dan cepat. kami kurang tahu apakah ada perbedaan dari keduanya, tapi yang jelas ini adalah pengalaman kami sendiri.

Baca juga: Cara Perpanjang SIM C di Balikpapan

Secara resmi untuk pergantian SIM yang sudah mati berbulan-bulan tidak lain adalah harus buat baru dengan terlebih dahulu menyerahkan berkas dan mendaftar di bagian petugas SIM. Pengalaman ini hanya alternatif yang sebenarnya tidak terpikiran pada saat itu, anda bisa mencobanya sendiri.

Syarat cara perpanjang SIM mati ini juga berlaku untuk perpanjangan SIM yang masih hidup tetapi belum mencapai batas masa aktifnya, khusus untuk yang SIM masih hidup atau 1 minggu mau habis masih bisa melakukan perpanjangan dan hanya membayar sebesar Rp. 250.000 kalau di sim keliling, sedangkan di Samsat itu Rp. 125.000 – Rp. 150.000.

Biaya Perpanjangan SIM A dan SIM C

Mengenai biaya perpanjangan SIM ini biasanya selalu berubah setiap tahunnya, semua biaya yang ada sudah sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku dari pemerintah.

SIM A

  • Biaya pergantian: Rp. 80.000
  • Biaya asuransi jiwa: Rp. 30.000
  • Biata cek kesehatan: Rp. 20.000
  • Total: Rp. 130.000

SIM C

  • Biaya pergantian: Rp. 75.000
  • Biaya asuransi: Rp. 30.000
  • Biaya tes kesehatan: Rp. 20.000
  • Total Biaya: Rp. 125.000

Semua biaya yang ada diatas hanya perkiraan atau estimasi berdasarkan aturan dari pemerintah, namun seringkali kami menemukan biaya pembuatan dan pergantian sim selalu berbeda-beda untuk setiap daerah.

Mungkin saja karena memang ada aturan sendiri dari setiap Samsat dan Satpas. Jadi anda bisa memakai rincian biaya diatas sebagai patokan untuk mengganti sim yang sudah mau habis masa berlakunya, sedangkan untuk persyaratan dokumen sekali lagi adalah KTP, Pas foto, Tes kesehatan , Kartu SIM Fisik.

Nah sampai disini dulu informasi lengkap mengenai cara melakukan perpanjang sim hidup dan sim yang sudah habis masa berlakunya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda dan kita semua. Terimakasih.

2 COMMENTS

  1. Ternyata jika kita taat peraturan pemerintah sangat mudah mencari sim A atau B.dari pada harus pakai jasa calo.turialnya sangat bagus dan membantu saya dalam membuat sim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here