Cara Menghemat Baterai HP

Cara Menghemat Baterai HP – Memiliki hp/smartphone android dan iOS tentu merupakan kebanggaan tersendiri untuk setiap orang karena hp bisa membantu kita dalam melakukan hal yang kita inginkan.

Seperti menonton video, bermain sosial media, membaca artikel di internet, bermain games dan masih banyak hal lain yang bisa dilakukan oleh hp android dan iOS.

Terlepas dari itu semua, agar hp Anda bisa menjalankan aktivitasnya tentu dibutuhkan sumber daya yaitu baterai yang ditanam langsung di belakang ponsel.

Baterai sendiri merupakan sumber energi yang ternyata juga membutuhkan daya tambahan dari listrik agar nantinya bisa dipakai untuk menghidupkan ponsel Anda.

Nah pertanyaanya di sini, seberapa sering Anda memakai ponsel? Apakah baterai Anda semakin boros? Atau baterai hp cepat lowbat? Semua pertanyaan yang Anda ajukan akan kami jawab di ulasan artikel ini secara lengkap dan jelas.

Mari kita bahas satu per satu.

Bagaimana Cara Menghemat Baterai Hp Paling Ampuh

Kata menghemat baterai ini mengacu pada dua hal, pertama menghemat batera ketika di pakai untuk beraktivitas dan menghemat baterai agar tetap sehat sepanjang tahu lamanya.

Dari kedua pengertian ini, ada baiknya kalau kami bahas semua sehingga Anda semakin paham dalam merawat hp supaya baterai tetap awet dan mampu memberikan ketahanan yang jauh lebih lama.

Penasaran seperti apa tipsnya? Mari kita bahas.

Hindari chager hp hingga full 100%

Meskipun sekarang ini ada teknologi baru yang disematkan dalam ponsel yaitu baterai akan berhenti mengisi jika sudah mencapai 100% atau sudah full batery.

Tetapi masih banyak juga baterai yang kembung akibat terlalu lama di chas yang artinya tidak semua jenis baterai pada ponsel memiliki jenis yang sama.

Saran dari kami untuk Anda yang ingin baterainya tetap awet tahan lama yaitu hindari charger hingga mencapai 100 persen, besar kemungkinan daya yang terlalu tinggi menyebabkan baterai mengalami kerusakan ringan dan jika berlarut-larut akan menyebabkan baterai rusak dalam waktuyang singkat.

Jangan memakai hp dalam kondisi di charger

Kesalahan yang seringkali dilakukan banyak pengguna ponsel pintar adalah tetap memakai baterai meskipun dalam kondisi di chager yang berarti posisi baterai sedang menerima daya namun keluar kembali dipakai untuk aktivitas baik bermain games, nonton video, sosmed dan lain-lain.

Ada baiknya kalau Anda ingin charger baterai lebih baik di matikan saja, cara seperti ini akan membuat baterai lebih tahan lama untuk penggunaan bertahun-tahun dan pastinya lebih hemat lagi.

Bermain games dengan posisi hp sedang di chas dapat membuat suhu hp meningkat 10% dari kondisi normal, yang artinya arus daya masuk dan keluar secara paksa.

Jadi baterai akan lama sekali terisi, dari situlah baterai nanti akan mengalami kerusakan. Nah agar kejadian seperti ledakan baterai tidak terhadi, hindari mencharger baterai sambil bermain games ataupun mencharger semalaman suntuk.

Usahakan baterai tidak ngedrop

Bagi yang belum tahu apa dampak negatif ketika memakai hp hingga ngedrop pengaruhnya tentu pada kesehatan baterai hp Anda sendiri, setidaknya baterai dengan kapasitas 15% sudah harus di charger untuk menghindari lowbat.

Penting untuk di pahami bagi Anda yang suka bermain games lewat batas waktu, lebih baik selalu cek kondisi baterai hp dan usahakan untuk berhenti bermain games jika baterai sudah di angka 15%.

Baterai yang lowbat atau mati total bisa merusak komponen dalam sehingga sulit untuk bisa awet di pemakaian jangka panjang.

Cara hemat baterai hp menggunakan charger asli

Cara lain yang bisa Anda terapkan untuk menghemat baterai baik untuk masa pakai atau penggunaan sehari-hari, yaitu tetap memakai chager bawaan yang mana setiap charger bawaan dari hp yang Anda beli sudah diatur tingkat arus masuk dari sumber listrik.

Contoh untuk baterai hp dengan arus masuk 5 vold tentunya tidak akan cocok jika di ganti dengan chager yang hanya berkapasitas 2 volt, dampak yang akan terjadi biasanya hp akan lekas panas dan tidak ada daya yang masuk sama sekali.

Jadi penting untuk diperhatikan sekarang, jangan pernah memakai charger abal-abal yang bukan aslinya, charger hilang? Pergilah ke tempat service sesuai dengan merk hp Anda dan kami yakin disana juga menjual charger aslinya.

Hindari memakai powerbank

Kami tidak menyarankan Anda untuk terus-terusan memakai powerbank di manapun Anda berada baik ke sekolah, ke kampus, mudik dan bermain.

Hanya saja arus daya dari powerbank juga memanfaatkan listrik untuk sumber energinya, jadi kurang cocok jika di pakai untuk mengisi baterai.

Baca juga: Perbedaan iOS dan Android

Besarnya daya yang masuk terkadang tidak stabil sehingga membuat pengisian mengalami hambatan seperti baterai lekas penuh, baterai lama penuh, ponsel menjadi panas dan lain-lain.

Kalau memang tidak terlalu penting, mending pakai charger bawaan saja dibandingkan memakai powebank, apalagi yang merk abal-abal.

Cara hemat baterai hp dengan menghindari bermain games berat

Memiliki ponsel dengan spek yang sedang-sedang saja menurut kami tidak cocok kalau dipakai untuk bermain games dengan kasitas yang besar dan grafis 3D.

Pengaruh pertama yang cukup besar jelas ke baterai hp Anda sendiri, semakin banyak tampilan 3D yang dimainkan maka semakin besar daya yang dibutuhkan.

Tidak usah jauh-jauh, ketika baterai sudah 10% saja untuk membuka kamera tidak bisa, harus di charger dulu dan kemudian baru bisa di jalankan lagi.

Sedangkan ini Anda memaksa hp untuk bekerja lebih berat yaitu bermain games dengan ukuran yang lebih besar, padahal spesifikasi hp tidak sesuai dengan requirement games yang Anda download.

Jadi sesuaikan saja kalau ingin bermain games, lihat spek dan kapasitas baterainya.

Jangan charger seharian suntuk

Ini yang terkadang banyak terjadi pada anak-anak muda yang selalu menyepelekan keselamatan mereka sendiri, menchager baterai semalaman atau seharian suntuk bukan hanya akan merusak baterai itu sendiri tetapi juga bisa mencelakai diri Anda.

Ada banyak kasus batera meledak karena sudah berjam-jam di charger dan lupa mencabut, bagaimana jika satu malam full? lebih baik kalau memang ingin di tinggal tidur atau pergi ke main, matikan saja ponsel dan simpan.

Matikan data dan aplikasi latarbelakang

Tips terakhir untuk menghemat baterai agar tetap awet di pakai adalah dengan mematikan data yang terhubung di internet, data yang terkoneksi dengan internet akan terus menguras baterai Anda hingga habis karena mau tidak mau aktivitas yang berhubungan dengan internet jelas membutuhkan daya.

Kemudian yang berikutnya adalah aplikasi di latarbelakang jika bisa hentikan secara paksa, sehingga tidak bekerja terus menerus meskipun hp tidak pernah Anda pakai.

Contoh beberapa aplikasi yang bekerja di latarbelakang itu seperti facebook, instagram, line, twiter dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kesimpulan

Dari pembahasan ini Anda sudah paham sekarang seperti apa cara menghemat baterai hp yang benar dan tepat agar bisa dipakai dalam waktu lama. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here